Header Ads Widget

Responsive Advertisement

BAB 1 DASAR PEMROGRAMAN WEB




  1. Pengertian Website
Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang berisi informasi data digital baik berupa teks, gambar, animasi, suara dan video atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui jalur koneksi internet sehingga dapat diakses dan dilihat oleh semua orang diseluruh dunia.

halaman website dibuat dengna  menggunakan bahasa standar yaitu HTML, Skrip HTML ini akan diterjemahkan oelh web browser sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk informasi yang dapat dibaca oleh semua orang.


2. Jenis-Jenis Website
Secara umum, website dibagi menjadi 3 jenis, yaitu website statis, dinamis, dan interaktif
  • website statis
website statis yaitu jenis website yang isinya tidak diperbaharui secara berkala, sehingga isinya dari waktu ke waktu akan selalu tetap.

website jenis ini biasanya hanya digunakan untuk menampilkan profile dari pemilik website seperti profile perusahaan atau organisasi.
  • website dinamis
website dinamis yaitu website yang isinya harus diperbaharui secara berkala oleh pengelola web atau pemilik website.

website jenis ini banyak dimiliki oleh perusahaan atau perorangan yang aktifitas bisnisnya memang berkaitan dengan internet. contoh paling mudah website jenis ini yaitu blog dan website berita.
  • website interaktif
website interaktif pada dasarnya termasuk dalam kategori website dinamis, dimana isi dan informasinya selalu diperbaharuI dari waktu kewaktu.

Hanya saja, isi informasi tidak hanya diubah oleh pengelola website tetatpi lebih banyak dilakukan oleh penggunaka website itu sendiri. contoh website jenis ini yaitu website jejaring sosial seperti facebook dan twitter atau website marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan sejenisnya.

3. Pengertian pemrograman Web

Pemrograman web(web programing) terdiri dari kata pemrograman dan web. pemrograman sendiri dapat diartikan sebagai proses atau cara pembuatan program menggunakan pemrograman .
adapun bahasa pemrograman menggunakan bahasa yang digunakan untuk memproses data dan menampilkan informasi sesuai yang dikehendakioleh pemrogram.

dengan demikian pemrograman web dapat diartikan sebagai kegiatan pembuatan program atau aplikais berbasis web menggunakan bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat memproses data dan menghasilkan informasi sesuai yang dikehendaki oleh pemilik website.

4. Bahasa Pemrograman Web

Bahasa pemrograman web terdiri dari beberapa unsur bahasa setidaknya tedapat 5 bahasa utama yang biasa digunakan dalam membuat website dinamis dimana masing-masing7 memiliii perannya sendiri-sendiri, yaitu sebagai berikut:
  • HTML, Berperan sebagai pembentuk struktur halaman website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang di inginkan.
  • CSS, berperan sebagai pembentuk design website dengan mengatur setiap elemen agar tampil menarik pada browser
  • PHP, berperan sebagain pemroses data pada sisis server sesuai yang diminta oleh client menjadi informasi ynag setiap ditampilkan, juga sebagai penghubung aplikasi web dengan database. selain PHP , dapat juga menggunakan bahasa pemrograman lain seperti ASP, Java, dan sebagainya.
  • SQL, berperan sebagai bahasa yang mengatur transaksi data antara aplikasi dengan database sebgaia tempat penyimpanan data. Database yang biasa digunakan antaranya MySql, Oracle, SQL Server dan sebagainya
  • Javascript, berperan sebagai bahasa yang memproses data pada sisi client serta dapat manipulasi HTML dan CSS secara dinamis.
dari 5 hal diatas, telah berkembang menjasi bentuk lain ada yang erupa library seperti jQuery yang merupakan library function JavaScript dan yang berupa framework seperti Bootstrap yang memudahkan pemrograman dapat membuat design website dengan lebih cepat.

5. Aplikasi Pengembang Web

untuk pengembangan aplikasi web tentu dibutuhkan sebagaimacam aplikasi yang membantu web programer dalam merancang, menuliskan skrip program maupun menmpilkan hasil program, berikut ini sebagai jenis aplikasi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi web.

  • Web Authoring
Web Authoring merupakan perangkat lunak yang biasanya bersifat WYSIWYG ( What You See Is What You Get) yaitu apa yang dilihat merupakanapa yang dihasilkan . aplikasi jenis ini sangat memudahkan bagi pemula , karena setiap mengetikan skrip program langsung terlihat hasilnya , bahkan tersedia toolmdrag & Drop yang memudahkan web designer dalam membuat elemen website, yang termasuk jenus aplikasi ini diantaranya : Adobe Dreamweaver, Microsoft Expression Web, Nvu dan sebagainya.
  • Text Editor
Text Editor memiliki fungsi yang sama dengan web authoring yaitu untuk mengetikan skrip program, hanya saja tidak bersifat WYSIWYG, sehingga untuk menampilkan hasilnya merupakan web browser. Namun, karena lebih ringan dan licensinya yang kebanyakan open source banyak juga yang memilih menggunakan text editor dibanding aplikasi sekelas adobe Dreamweaver. yang termasuk aplikasi jenis ii yaitu Notepad++, Sublime Text, Bracket dan sebagainya.
  • Web Browser
Web browser digunakan untuk menampilkan dan mengetes hasil program. bebrapa CSS3 dan HTML5 ada yang hanya suport pada web browser tertentu dan tidak suport dengan yang lain, sehingga menggunakannya lebih dari astu web browser akan lebih baik. waluapun untuk kebanyakan browser versi terbaru sudah suport hampir semua fitur CSS3 dan HTML5
  • Web Server
web server merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) melalui protokol HTTP atau HTTPS dari client kemudian mengirimkan kembali dalam bentuk halaman web. contoh yang termasuk web server adalah Apache. dalam penggunaanya, biasanya sudah jadi satu paket dengan PHP dan MysQl contoh paket yang sudah beri Apache, PHP dan MySQL diantaranya Xampp dan Appserv.



Post a Comment

0 Comments