Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Create Sign Up Login using storage TinyDb (local Storage) in kodular

Halo teman -teman berjumpa lagi di situs belajar pembuatan aplikasi android pemula dengan menggunakan kodular.
pada pertemuan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat menu login dan sign up dengna menggunakan database local/TinyDb.



pembuatan menu login dengan menggunakan database local atau TinyDb  merupakan tutorial dasar untuk pemula dan mudah untuk di praktekan .

lanjut ke tutorialnya, sekarang yang perlu di siapkan adalah buat project baru dan siapkan komponen seperti pada gambar di bawah ini :




silahkan siapkan layout dengan nama apa saja agar mudah di ingat di dalam penyusunan block, kalau disini saya kasih nama Layout_menu_login dan layout_menu_daftar, setelah itu siapkan komponen bottom_sheet, notifier dan tinydb.

di bagian layout menu login disini width saya fill parent dan height fill parent, dan dibagian menu_layout_daftar height nya automatic dan widthnya fill parent seperti pada gambar berikut :







setelah designnya selesai silahkan kedua layout di visible true 


lanjut ke bagian block kode,  bagian Screen1 initialize silahkan buat block seperti pada gambar dibawah:





fungsi block ini adalah ketika user sudah pernah login sebelumnya maka untuk masuk ke aplikasi selanjutnya tidak perlu login kembali, karena data kamu sudah tersimpan di database local.

untuk button daftar_1 bertujuan untuk membuka layout_menu_daftar dengan menggunakan komponen  bottom sheet.

setelah itu kita ke bagian button daftar







fungsi block ini adalah jika textbox usernameSignUp dan PasswordSignUp kosong maka akan memberikan notif "Username dan Password tidak Boleh kosong".

setelah itu jika panjang textbox passwordSignUp kurang dari 6 karakter maka notif yang diberikan adalah "Password kurang dari 6".

dan ketika textboxt usernameSignUp dan PasswordSignUp di isi dengan benar maka data tersebut akan di simpan ke tinydb dengan tag "username" yaitu untuk text yang di tulis pada textbox usernameSignUp, begitu juga sebaliknya tag "password" yaitu text yang di tulis pada textbox passwordSignup.

jika daftar berhasil makan notif yang di sampaikan adalah"Daftar akun berhasil", textbox akan kosong kembali dan bottom sheet di tutup.

setelah itu kita lanjut ke bagian button login :








fungsi block ini adalah jika textbox usernamelogin dan PasswordLogin kosong maka akan memberikan notif "Username dan Password tidak Boleh kosong".

setelah itu jika panjang textbox passwordLogin kurang dari 6 karakter maka notif yang diberikan adalah "Password kurang dari 6".

lanjut, jika Isi textbox usernamelogin dan passwordLogin tidak sama dengan database maka notif yang disampaikan adlah"mohon periksa username dan password"

 jika Isi textbox usernamelogin dan passwordLogin sama dengan database maka akan lanjut ke screen yang di tuju yaitu screen 2

untuk button mata atau visible non visible password berikut block kodenya:





Fungsi block ini adalah untuk membuat password terlihat dan tertutup.


lanjut ke screen yang di tuju atau screen 2 berikut komponen yang saya gunakan.




lanjut ke block kodenya :




jika screen dibuka makan akan menampilkan username yang ada pada database.

untuk passwordnya disini saya pakai switch sehingga password bisa terlihat dan tertutup

dan untuk button1 di klik maka akan menghapus akun dan kembali ke menu Screen 1.


berikut adalah aplikais yang kita buat diatas 







note: dalam penggunakan database local atau tinydb ini hal yang perlu kita ketahui jika kita ingin keluar akun maka data yang sebelumnya kita simpan akan terhapus dan membuat akun ulang.



Post a Comment

1 Comments